Manfaat Melatih Mandiri dan Berani








"Setiap manusia terlahir dari pilihan,
biasa hidup sukses (mandiri dan berani)

Jika melihat anak kita mandiri dan berani di ajang pertunjukkan kreativitas atau ketika anak kita telah mandiri dan berani pergi sekolah tanpa di tungguin orang tua, tentu kita akan senang. Memang mandiri dan berani bukan hanya bermanfaat sesaat tetapi akan bermanfaat juga ketika si kecil menginjak dewasa. Anak yang mandiri biasanya berani dan anak yang berani tidak semuanya mandiri. Manfaat melatih mandiri dan berani memang banyak keuntungannya, berikut ini beberapa manfaatnya:

-Menumbuhkan “basic trust”
Setiap bayi sebenarnya sudah memiliki basic trust, tetapi ketika dia balita sebaiknya orang tua sepatutnya memberikan respon positif atas kebutuhan si anak. Hal ini dapat meningkat perasaan “trust” dari si balita dan balita pun akan merasa aman juga didalam kehidupannya. Nah dengan perasaan aman/secure, balita pun akan lebih berani didalam menghadapi tantangan yang ada dihadapannya. Mandiri pun akan ikut terbentuk juga ketika menyelesaikan persoalannya.
- Belajar menganalisa
Jika anak terbiasa untuk mandiri dan berani, dia akan berkembang kemampuan untuk menganalisa suatu kejadian. Dia akan memahami sesuatu dari akibat, sebab-akibat, aksi reaksi, dan sebagainya. Meskipun didalam pemikiran yang sederhana.
- Bertanggung jawab
Manfaat yang lainnya adalah bertumbuhnya sifat untuk lebih bertanggungjawab, seperti melatih anak untuk meletakan peralatan makannya (piring atau gelas) di dapur. Aktifitas ini dapat mendidik si anak untuk mandiri dan sekaligus melatih anak untuk bertanggungjawab agar peralatan makan atau piring/gelas tidak pecah karena jatuh.
- Mengembangkan daya tahan mental
Ketika si kecil lahir, dia telah mempunyai insting untuk berekplorasi, seperti ketika dia melihat sesuatu atau seperti mencari sesuatu. Tetapi kadang-kadang kita membatasi ‘kegiatan’ tersebut, jika kita bisa memahaminya, si anak dapat mandiri dan berani serta dapat meningkat daya tahan mentalnya.
- Life skill
Life skill biasanya akan lebih terasa ketika dia telah besar atau dewasa. Mandiri dan berani merupakan salah satu pondasi dari life skill itu, jika kita melatihnya ketika sejak kecil, manfaat yang diperolah akan dirasakan jangka pendek dan panjang.
- Mengembangkan pikiran kritis
Anak yang mandiri dan berani akan mampu mengelolah permasalahannya sendiri sehingga pikiran kritis pun akan tumbuh. Tetapi jika anak terlalu dekat dengan orang tuanya, ada kalanya berkembang menjadi individu yang kurang mandiri dan atau kurang berani, ketika dia menghadapai permasalahannya, dia akan ‘menuntut’ orang tua atau orang sekitarnya untu menyelesaikannya untuk dia.
Photo: communitynorthbc.org
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Manfaat Melatih Mandiri dan Berani"

Posting Komentar